INTERAKSI ANTAR OBJEK

INTERAKSI ANTAR OBJEK
INTERAKSI ANTAR OBJEK
  • Objek tidak berdiri sendiri  
  • Objek berinteraksi dengan objek-objek lainnya 
  •  Bagaimana objek-objek itu berinteraksi? 
  •  Objek berinteraksi tergantung dari informasi yang dibutuhkannya
ANALOGI INTERAKSI ANTAR OBJEK

DIAGRAM INTERAKSI OBJEK
  •  Objek berinteraksi menggunakan metode 
  • Diketahui objek A berkomunikasi dengan objek B. 
  • Objek A dan B akan saling berkomunikasi tergantung informasi yang dibutuhkan.
  1. Komunikasi A dan B :
  • Objek A akan mencari method Objek B yang sesuai perintah yang akan dikerjakan.  
  • Berdasarkan service request, Objek A memberikan informasi tambahan ke Objek B yang akan diproses. 
  •  Objek B harus mengetahui apakah objek A mengharapkan objek B untuk memberikan report balik setelah perintah dikerjakan.
METODE / METHOD 
  1. Declaring Methods 
  2. Method Invocation 
  3. Method Overloading 
  4. Message Passing Between Objects 
  5. Delegation 
  6. Obtaining Handles on Objects 
  7. Objects As Clients and Suppliers
DEKLARASI METHOD
  • Method Headers
  •  Naming Conventions 
  • Passing Arguments to Methods
  •  Method Return Types 
  • Method Bodies Features May Be Declared in Any Order 
  • return Statements
HEADER METHOD
  • Header method yaitu spesifikasi formal bagaimana method dipanggil.  
  • Spesifikasi minimum terdiri dari :  Tipe Return  Nama method  Parameter
NAMING CONVENTION
  •  The first letter of the method name is in lowercase. 
  • The first letter of each subsequent concatenated word in the method name is in uppercase, and the remaining characters are in lowercase.  
  • We don’t use any “punctuation” characters— dashes, underscores, etc.—to separate these words.  
  • As an example, chooseAdvisor is an appropriate method name, whereas none of the following would be appropriate: ChooseAdvisor (uppercase “C”), chooseadvisor (lowercase “a”), choose_advisor (separating underscore).
PASSING ARGUMENT 10  
  • The purpose of passing arguments into a method is twofold [Barker05]: 
  •  To provide it with the (optional) “fuel” necessary to do its job  To otherwise guide its behavior in some fashion  
  • Contoh :  
  • boolean registerForCourse(String courseID, int secNo) 
  •  boolean registerForCourse()
  1. CONTOH PASSING ARGUMENT
public void test() { int x = 5; proses(x):
 System.out.println(“x1:”+ x); 
public void proses(int x) { 
x = x + 10; 
System.out.println(“x2:”+ x); 
}
  1. CONTOH PASSING ARGUMENT 
public void test() { int x = 5; proses(x);
 System.out.println(“x1:”+ x); 
}
 public int proses(int x) { x = x + 10; 
System.out.println(“x2:”+ x); 
return x; 
}
TIPE RETURN METHOD 13  
  • Tipe return method yaitu :  void  tipe data primitif  tipe data user-defined (class)  array  collection
Aktivitas “household chores” :  
  • Taking out the trash  Mowing the lawn  Washing the car 
  •  Berarti dengan aktivitas seperti di atas akan memiliki class Person dengan tiga method di dalamnya
BADAN METHOD
  • Badan method sebagai tempat implementasi program.  
  • Dibatasi dengan tanda kurawal (buka dan tutup) seperti { .... }
STATEMENT RETURN 
  • Statement return yaitu statement jump yang digunakan untuk keluar dari method.  
  • Statement yang dikembalikan harus sama dengan tipe return.
REFERENSI  
  • Beginning Java Object: From Concept to Code. Author: JACQUIE BARKER  
  • SoftwareEngineering: A Practitioner Approach 7th Edition. Author: Roger S Pressman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OOP ( Object Oriented Programming )

ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK STUDI KASUS : PEMBUATAN SKCK