Siklus Hidup Perangkat Lunak Berorientasi Object
SOFTWARE
LIFE CYCLE OBJECT ORIENTED
·
Software seperti
manusia
·
Software memiliki
siklus hidup
·
Software didalam
suatu sistem mula-mula perlu dikonseptualisasi terlebih dahulu.
·
Software akan
menjadi mati pada akhirnya
·
Periode diantaranya
disebut siklus hidup software
MODEL SIKLUS
HIDUP SOFTWARE
·
Model Build-and-Fix
Banyak
produk dikembangkan dengan model ini, Model ini tanpa spesifikasi atau desain,
hanya
membangun
produk atau merombaknya sebanyak mungkin untuk memenuhi kepuasan
pelanggan
·
Model Waterfall
Termasuk
model yang mudah dipahami dan di implementasikan, sangat luas digunakan dan
dikenal
secara teori, model ini juga memperkuat kebiasaan yang baik.disamping
keuntungan
tersebut,
model ini juga mempunyai kekurangan antara lain : kesulitan dalam akomodasi
perubahan,
tidak realistis untuk mengharapkan requirement yang akurat pada awal proyek.
·
Model Rapid-Prototyping
Teknik
Rapid prototyping merupakan model pengembangan yang tidak memperhatikan
struktur
internal,
dan penggunaan model Rapid prototyping adalah menentukan kebutuhan nyata klien
dan
membangun model secara cepat untuk mempersingkat proses pengembangan software
·
Model Incremental
Produk
software dirancang, diintegrasikan, dan diuji sebagai suatu rangkaian komponen
yang
dibangun
secara meningkat dimana suatu komponen terdiri dari potongan kode dari berbagai
modul
yang saling berinteraksi, namun kadang-kadang perlu untuk melakukan spesifikasi
ulang,
desain
ulang, kode ulang atau paling buruk membuang apa yang sudah selesai dan memulai
lagi.
·
Model Spiral
Ide
untuk mengurangi resiko melalui penggunaan prototype maupun cara-cara lain
merupakan
konsep
yang mendasari penggunaan model spiral, suatu model spiral yang disederhanakan
merupakan
model waterfall dimana tiap tahapnya didahului oleh analisis resiko. sebelum
melakukan
tiap tahap perlu adanya upaya untuk mengontrol resiko, jika tidak memungkinkan
untuk
mengontrol semua resiko secara signifikan, proyek bisa segera dihentikan.
· Model Concurrent Development
Model dimana
semua aktivitas software development dapat mulai secara bersamaan, masing-
masing
aktivitas dapat dijabarkan menjadi beberapa keadaan (state), walaupun aktivitas
dapat
dimulai
secara bersamaan tetapi state untuk masing-masing aktivitas dapat saja berbeda
karena
state
aktivitas yang satu dapat menjadi pemicu (trigger) perpindahan state aktivitas
yang lain.
·
Model Formal Methods
Kumpulan
aktivitas yang mengarah ke pembentukan spesifikasi matematis dari software
komputer,
dan memerlukan pengembangan notasi matematis namun pengembangan metode ini
banyak
memerlukan waktu dan biaya dan para pengembang software harus memiliki
pengetahuan
yang cukup untuk menerapkan model ini, model ini juga sulit digunakan untuk
berkomunikasi
dengan pelanggan yang tidak memahami notasi matematis
Komentar
Posting Komentar